Membuat laman / page di blogspot/blogger

Pada blogspot / blogger ini selain membuat postingan blog, anda juga dapat membuat sebuah halaman. Apa fungsi dari halaman ini, yaitu untuk membuat keterangan semisal, "tentang", "keterangan privasi", "hubungi kami", dan lain-lain. Atau bisa juga ditautkan kesebuah label/tag/situs/tautan eksternal.



Biasanya penempatan laman adalah seperti ini.

Secara default Laman/Pages tersebut tidak muncul di navigasi halaman. Oleh karena itu perlu pengaturan juga pada tata letaknya. Ok sebelumnya buat saja dulu sebuah laman.

Tekan laman, dan pilih "laman baru" untuk memulai.

Fiturnya hampir sama dengan post/entri, hanya saja pada setelannya hanya ada pengaturan komentar saja.

Nah jika sudah membuat sebuah halaman, maka selanjutnya adalah penempatannya. Dalam contoh ini berikut adalah laman yang akan dibuat didepan.
Berikut adalah tampilan sebelum disetel.


Belum ada pagesnya toh.. :D, oke sekarang, buka "tata letak" yang ada didashboard blog anda.





Kemudian pilih "tambahkan gadget" lihat telunjuk yang ada digambar diatas. Akan muncul seperti ini, kemudian pilih "Laman".
Selanjutnya centang deh halaman-halaman yang ingin ditampilkan.
Isikan judul (jika dibutuhkan dan tidak harus), kemudian atur deh urutannya pada "Urutan Daftar", cukup drag dan drop saja.

Nah selain Laman berisi konten, anda juga dapat membuat laman yang ketika ditekan akan membuka tautan ke luar, ataupu ke url halaman blog yang kita set. Untuk membuatnya cukup tekan "Tambahkan tautan eksternal".

Kemudian isi judul, dan tautan urlnya.

Kemudian simpan tautan jika sudah, dan selanjutny diset urutannya baik laman tautan maupun laman konten, Scroll kebawah kemudian simpan.


Nah nanti akan muncul seperti ini pada tata letak.





Nah jika sudah tekan, "simpan setelan" atau pratinjau untuk melihat terlebih dahulu.




Berikut adalah hasilnya.

Nah sudah jadi kan, selamat mencoba. :)



Membuat laman / page di blogspot/blogger Membuat laman / page di blogspot/blogger Reviewed by Menyebar Ilmu on 21:05 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.